Kenapa Knalpot Mobil Keluar Air dan Asap? Temukan Disini

Knalpot Mobil Keluar Air dan Asap

Sebagai anda pemilik kendaraan roda 4 mungkin sedang mengalami masalah, Knalpot Mobil Keluar Air dan Asap?

Tentu saja ini bisa terjadi pada kendaraan anda, tentu saja apa yang jadi penyebab permasalahan ini?

Kami akan menginformasikannya, Jika mengalami permasalahan ini anda tidak perlu khawatir, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan.

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air dan Asap

Knalpot Mobil Keluar Asap

Saat mesin bekerja, Bensin dan udara dicampur pada ruang bakar, proses pembakaran ini dapat menghasilkan panas.

Selain itu akan menghasilkan sisa-sisa gas dan partikel, hal ini dapat mengakibatkan asap keluar dari knalpot yang terbentuk selama pembakaran bensin.

Hal ini termasuk pada pembakaran yang tidak sempurna, mulai dari hidrokarbon dan karbon monoksida yang keluar dari mesin.

Baca Disini: Ragam Kerusakan pada Mobil Matic dari Warna Asap

Knalpot Mobil Keluar Air

Knalpot mobil keluar disebabkan proses kondensasi, saat mesin bekerja, gas panas yang dihasilkan melewati knalpot yang mencapai suhu tinggi.

Saat gas tersebut mencapai udara yang lebih dingin di luar knalpot, uap air yang terdapat dalam gas pembakaran dapat mengembun dan menjadi cairan.

Hal ini mirip dengan kondensasi pada permukaan cermin saat ruangan dingin bertemu dengan udara panas.

Baca Juga: Ini Dia 8 Penyebab Mobil Keluar Asap Putih

Beberapa faktor yang memengaruhi seberapa banyak air dan asap dihasilkan knalpot melibatkan  mesin dan lingkungan sekitar dimana anda tinggal, selain itu suhu udara dan kelembaban dapat mempengaruhi sejauh mana kondesasi terjadi pada knalpot.

Masalah yang Terjadi Jika Knalpot Mobil Keluar Air dan Asap

Jika dibiarkan, tentu saja ada beberapa masalah yang bisa terjadi pada kendaraan anda, apa saja?

  • Karat pada Knalpot, Jika knalpot mengeluarkan air secara terus menerus, hal ini dapat mengakibatkan karat pada bagian knalpot.
  • Berpengaruh pada Katalisator, knalpot mobil modern saat ini dilengkapi pada sistem katalisator, hal ini untuk mengurangi emisi gas buang, jika ada air yang keluar maka dapat menyebabkan kerusakan pada komponen ini.
  • Mesin Bermasalah, Jika masalah ini dibiarkan, pembakaran bensin pada mobil tidak sempurna dan bisa mengakibatkan peningkatan gas emisi  dan mengurang efisiensi bensin.

Saat ini kalian sudah mengetahui Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air dan Asap, Untuk menghindari hal ini terjadi pada kendaraan anda, penting untuk melakukan secara berkala pada knalpot dan mesin kendaraan.

Bagi anda yang mengalami permasalahan pada mobil matic mulai dari performa yang menurun atau mengalami suara yang tidak wajar saat melakukan perpindahan gigi, kami sarankan untuk datang ke bengkel mobil matic terdekat Domo Transmisi.

Teknisi kami yang berpengalaman akan melakukan pengecekan atas keluhan yang terjadi pada mobil matic anda, dan tentunya perbaikan akan dilakukan secara prosedur yang berlaku.

Tidak perlu khawatir untuk melakukan perbaikan secara berat, karena Domo Transmisi menghadirkan paket perawatan matic jet clean, yaitu cleaning selenoid dan valve body pada mobil anda.

Jadi tunggu apalagi datanglah ke Domo Transmisi yang saat ini berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara, dengan datang ke Bengkel kami permasalahan yang terjadi pada mobil matic anda di jamin pasti beres.

Domo Transmisi memberikan garansi 6 bulan atau setara dengan 20.000 km bagi anda yang melakukan perbaikan overhaul, jadi tunggu apalagi datanglah ke Domo Transmisi resevasi melalui link berikut.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.