Patut Diwaspadai, Ini Gejala Gearbox Mobil Matic Rusak

Ini Gejala Gearbox Mobil Matic Rusak

Gejala gearbox mobil matic rusak sebenarnya bisa dirasakan pemiliknya. Ciri-ciri ini akan mucul sebagai penanda jika adanya adanya hal yang tidak sesuai dari mesin mobil.  Ciri-ciri kerusakan mobil memang beragam, begitupun jika terjadi kerusakan pada transmisinya. Transmisi mobil dapat terganggu atau bahkan sampai rusak, tidak hanya pada mobil bertransmisi manual, namun juga mobil dengan transmisi matic atau otomatis.

Mobil matic sama halnya dengan mobil manual yang juga dapat mengalami kerusakan jika perawatan tidak rutin. Setiap mobil matic bisa tiba-tiba tidak bisa beroperasi jika mesin tidak mengalami perawatan. Tetapi sebelum mesin mobil benar-benar tidak bisa dioperasikan, terdapat beberapa gejala yang harusnya sudah dikenali oleh pengemudi. Berikut beberapa gejala gearbox mobil matic rusak?

Gejala Gearbox Mobil Matic Rusak

Gejala Gearbox Mobil Matic Rusak

Transmisi mobil matic dapat bermasalah atau bahkan tidak dapat berfungsi sama sekali. Biasanya trasmisi mobil matic yang bermasalah akan memunculkan beberapa gejala kerusakan untuk bisa mendapatkan penanganan dini. Umumnya gejala gearbox mobil matic rusak akan muncul menganggu jalannya mobil,baik itu berupa perubahan mesin yang tidak seperti biasanya atau justru adanya bau tidak biasa dari mesin mobil.

Beragam gejala gearbox mobil matic rusak sayangnya belum banyak dikenal oleh pemilik kendaraan. Banyak pengemuji juga yang kurang punya pengalaman dalam menjaga dan merawat mobilnya. Kerusakan mobil banyak muncul dari penggunanya yang lengah dalam melakukan perawatan rutin mobil. Berikut beberapa gejala gearbox mobil matic rusak, yakni:

Suara Tidak Sedap Ketika Menggeser Tuas Transmisi

Gejala gearbox mobil matic rusak pertama dapat dikenal dari suara aneh yang mucul ketika tuas Transmisi digeserkan. Gejala pertama ini muncul sebagai penanda dari transmisi yang mulai bermasalah. Untuk transmisi mobil matic memang sering ditandai dengan perubahan suara ini. Pengemudi biasanya merasakan perbedaan itu.

Perubahan suara ini juga dapat diakibatkan karena kurangnya oli dalam transmisi mobil. Oli mobil yang mongering akan membuat gesekan diantara komponen mesin mobil. Sehingga suara-suara ini juga dapat berasal dari oli yang mengering atau terendap karena kotoran. Pengemudi harus melakukan pengecekan oli ini sebelum melakukan perjalanan jauhnya.

Baca Juga: Transmisi Mobil Dengung? Kenali 5 Penyebabnya

Muncul Hentakan saat Menggeser Tuas Transmisi

Gejala gearbox mobil matic rusak selanjutntya dari transmisi tuas. Jika biasanya perpindahan tuas dari semua posisi akan berjalan normal, maka ketika terjadi kerusakan pada transmisi kondisi tidak akan sama. Biasanya tuas transmisi akan berpindah dengan munucl sedikit hentakan. Meskipun kecil begitu, namun pengemudi pasti mengenali perubahan gerak mobil ini. Contoh seperti perubahan tuas transmisi dri N ke D tiba-tiba muncul hentakan yang membuat mobil tergerak seketika. Inilah indikasi adanya masalah pada transmisi mobil Anda.

Sehingga jika kondisi kerusakan yang parah dan hentakan semakin kesing dan tidak hilang, tidak menutup kemungkinan jika nantunya tuas transmisi akan sulit digerakkan. Kemudian jika Anda mengalami permasalahan ini, hendaknya langung membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk dilakukannya pemeriksaan pada gearbox mobil matic.

Perpindahan Gigi Mobil Kasar

Transmisi mobil yang rusak akan membuat terganggunya gigi mobil. Salah satu gejala gearbox mobil matic rusak ditandai dengan perbedaan perpindahan gigi ini. Jika gigi mobil bergerak terasa kasar dan tidak wajar maka pengemudi perlu segera membawanya ke bengkel. Pengemudi pastinya merasakan perubahan ini, terlebih untuk pengemudi yang memang menggunakan mobil tersebut sebagai mobil kendaraan pribadi. Penyebab dari perpindhan kasar ini memang karena tidak adanya pelumas yang memdahkannya bergerak.

Namun jika memang terjadi perpindahan gigi dari rendah ke tinggi mengalami kasar atau tidak mulus bisa menjadi penanda jika transmisi mobil matic mengalami keusakan. Jika transmisi mobilmatic mengalami masalah, gejalanya dapat berupa sedikit tergetar, menghentak, ataupun mengalami jeda waktu atau delay harus segera diperbaiki karena dipastikan mobil mengalami kerusakan.

Muncul Bau Hangus

Gejala gearbox mobil matic rusak dapat ditandai dengan keluarnya bau tidak sedap seperti bau terbakar hangus dari dalam mesin. Untuk gejala gearbox mobil matic rusak ini biasanya pengemudi dapat merasakan jika mobil mengalami kerusakan dari dalam mesinnya. Adanya bau tidak sedap ini bisa juga berasal dari oli transmisi yang terlalu panas.

Oli pelumas transmisi mobil dapat pahas atau bahkan overhet jika jarak tempuh kendaraan pada perjalanan jauh tidak dapat menghindarkan gesekan-gesekkan antar komponen mesin mobil. Akibatnya tidak akan ada perlindungan dari gesekkan antar komponen yang berujung pada kenaikan temperature. Oli transmisi telah mendidih sehingga bau hangus ini muncul.

Akibatnya komponen transmisi akan lebih mudah aus dari waktu normal, karena serpihan endapan oli membuat adanya kebocoran. Oli akan merembes dan terbuang sia-sia. Akibatnya mesin tidka lagi memiliki pelumas dalam operasionalnya.

Terjadi Slip

Gejala gearbox mobil matic rusak selanjutnta adalag terjadinya slip atau transmisi yang lamban merespon. Gejala ini begitu mudah dikenali pengemudi, terlebih jika transmisi terjadi slip berkepanjangan hingga tidak bisa lagi digerakkan. Kondisi ini mengisyaratkan bahwa adanya kerusakan dalam mesin mobil. Transmisi yang lamban pastinya sangat menganggu pengemudi, terlebih ketika melakukan perjalanan jauh.

Slip pada transmisi mobil muncul pada perputaran mesin meningkat tapi kecepatan sama sekali tidak bertambah. Masalah ini muncul karena oli transmisi berkurang banyak atau mengental karena tumpukkan kotoran. Pengemudi dapat segera membawa ke bengkel jika transmisi slip ini berlebihan. Terlebih beberapa kondisi jika tidak segera dilakukan pengecekan, takutnya mobil bisa berhenti dan tidak dapat digunakan secara tiba-tiba.

Penyebab gejala gearbox mobil matic rusak slip ini juga dikarenakan transmission control module yang tidak sesuai. Pada kondisi ini, pengemudi perlu melakukan pengecekan data OBD Scanner pada mobil atau pengemudi segera mengunjungi bengkel resmi mobil untuk mendapatkan kesesuaian datanya. Karena semakin lama mobil dibiarkan, akan semakin merambat kerusakannya.

Gigi Transmisi Tidak Berpindah

Selanjutnya, untuk gejala gearbox mobil matic rusak terakhir ditendari dengan transmisi yang membuat gigi ini sama sekali tidak berpindah. Baik pada akselerasi atau transmisi bertahan pada gigi teratas bahkan ketika melakukan kick down. Kondisi ini dikenal dengan safe mode atau limp mode.

Kemudian penyebab gejala gearbox mobil matic rusak ini karena terjadinya kesalahan yang telah terdeteksi pad Transmission Control Module (TCM) kemudian dikirimkan oleh speed sector melalui input ataupun output shaft speed. Pada kondisi ini memungkinkan kerusakan ke seluruh sistem transmisinya. Kemudian indikator pada check engine pada panel instrument menyala.

Ketika mobil mengalami permasalahan ini, artinya harus segera dibawa ke bengkel. Karena jika gigi mobil tidak bisa dipindahkan artinya sudah banyak kerusakan didalamnya. Gejala gearbox mobil matic rusak jika dibiarkan akan berakibat fatal pada mobil, terutama mobil matic. Jadi perlunya untuk mengenali dan melakukan perawatan mobil dan mesin di dalamnya secara teratur.

Untuk rekomendasi bengkel transmisi mobil yang terpercaya, Anda bisa memilih layanan DOMO Transmisi dari Dokter Mobil. Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani langsung teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya, sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Reservasi layanan DOMO Transmisi untuk atasi masalah gearbox Honda City Anda sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk mencoba langsung layanan dari DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.