Temukan Fungsi Gigi L pada Mobil Matic, Ini Jawaban tepat

Fungsi Gigi L pada Mobil Matic

Gigi L pada mobil matic yang berarti “Low” atau rendah, yang biasa digunakan kondisi perjalanan tertentu.

Gigi L pada mobil matic biasanya berperan saat Anda ingin mengemudi dengan kecepatan yang sangat rendah, seperti saat berkendara di area padat atau sedang memarkir kendaraan.

Pada Mobil Matic,  gigi L dapat membantu Anda mengendalikan mobil dengan lebih baik pada kecepatan rendah tanpa harus terlalu sering menginjak rem.

Fungsi Gigi L pada Mobil Matic

Kami sudah rangkum Fungsi Gigi L pada Mobil Matic dan kapan penggunannya.

  1. Berguna di Tanjakan

Salah satu momen di mana gigi L menjadi sangat berguna adalah saat Anda menghadapi tanjakan atau menurunkan kemiringan yang curam.

Dengan menggunakan gigi L, transmisi akan membatasi perpindahan gigi sehingga Anda memiliki tenaga lebih pada kecepatan rendah.

Ini membuat kamu lebih nyaman dalam mengatasi tanjakan dan menurunkan kemiringan tanpa harus khawatir tentang kecepatan kendaraan yang sulit dikendalikan.

Baca Juga: 5 Cara Melewati Tanjakan dengan Mobil Transmisi Matic

  1. Saat Engine Brake

Gigi L juga berperan sebagai mode “engine brake” atau rem mesin.

Ketika Anda menurunkan gigi menjadi L saat menurunkan kemiringan curam, transmisi akan membantu mengendalikan laju kendaraan dengan cara memperlambat putaran mesin.

Kelebihan menggunakan gigi L yaitu menghindari gesekan rem yang berlebihan saat mengatasi tanjakan atau menurunkan kemiringan.

Kemudian memberikan lebih banyak kendali pada kecepatan rendah tanpa harus terlalu sering berpindah antara gigi N (netral) dan gigi D (drive).

Selain itu juga sebagai perlindungan tambahan pada sistem rem karena engine brake yang dihasilkan oleh gigi L pada mobil matic.

Kapan waktu yang tepat? Gigi L sebaiknya digunakan saat kemiringan yang curam atau lalu lintas yang macet, hindari  menggunakannya pada kecepatan yang tinggi.

Gigi mobil matic anda mengalami masalah saat melakukan perpindahan? Atau mengalami gangguan pada mobil matic kamu.

Silahkan datang ke Bengkel Spesialis Mobil Matic di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara.

Kamu bisa melakukan reservasi melalui WhatsApp pada nomor 0882.1244.0591, untuk datang ke bengkel kami agar tidak antre.

Jadi, sekarang Anda tahu bahwa fungsi gigi L pada mobil matic lebih dari sekadar perpindahan gigi.

Ingatlah untuk menggunakan gigi L dengan bijak dan hanya pada saat-saat yang sesuai.

Dan apabila kalian mengalami kerusakan pada mobil matic, silahkan datang ke bengkel Domo Transmisi untuk melakukan perbaikan.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
Scroll to Top