5 Cara Cek Oli Transmisi Mobil Matic

cara cek oli transmisi mobil matic

Cara cek oli transmisi mobil matic dapat dilakukan dengan beberapa cara. Dalam penggunaan dipstik ini sendiri, cara untuk mengecek oli dibagi menjadi dua yaitu cara cek oli transmisi mobil matic dengan dipstik atau cara cek oli transmisi tanpa dipstik.

Adapun kedua cara tersebut sama-sama mudah untuk dilakukan. Menjadi untuk memilih cara cek oli transmisi mobil matic yang mana yang akan dilakukan itu terserah Anda. Hanya saja di pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai cara cek oli transmisi mobil matic dengan dipstik.

Membahas perihal oli transmisi, oli transmisi ini sendiri merupakan suatu cairan yang sangat penting untuk mesin transmisi yang mana oleh ini bahkan dijuluki dengan nyawanya transmisi.

Hal ini merupakan pelumas yang membuat mesin transmisi tidak mengalami gesekan yang cukup berat dan tidak membuat mesin menjadi cepat panas. Oli transmisi membantu menambah tenaga sehingga mesin memiliki performa lebih besar dengan oli ini.

Mengapa Harus Tahu Cara Cek Oli Transmisi Mobil Matic dengan Baik dan Benar?

Anda harus mengetahui cara cek oli transmisi mobil matic dengan baik dan benar karena oli transmisi ini merupakan salah satu inti dari transmisi itu sendiri.

Yang mana oli dapat membantu mesin dengan menambahkan tenaga. Selain itu oli transmisi juga menjadi pelumas yang membuat mesin menjadi tidak cepat panas dan membantu mesin untuk menghindari gesekan-gesekan keras dari mesin satu dengan mesin yang lainnya.

Ini dapat disimpulkan bahwa oli transmisi merupakan suatu hal yang sangat penting yang mana para pemilik mobil matic ini jangan sampai lalai hingga kehabisan oli transmisi.

Karena jika oli transmisi ini sampai habis atau kering maka ketika mesin menyala dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin itu sendiri.

Maka dari itu perlu adanya antisipasi dengan melakukan pengecekan oli transmisi mobil matic ini. Dan untuk melakukan pengecekan yang baik dan benar, maka Anda perlu mengetahui cara cek oli transmisi mobil matic seperti berikut ini.

Cara Cek Oli Transmisi Mobil Matic dengan Memarkirkan Mobil di Area yang Datar

Oli merupakan salah satu zat cair yang mana untuk mengetahui seberapa tingginya maka memerlukan posisi datar agar pengukuran oli dapat dipastikan benar dan akurat.

Karena oli adalah zat cair, maka perlu keadaan seimbang untuk dapat mengukur oli transmisi mobil matic ini karena oli ini dapat bergerak sesuai dengan posisi mobil matic. Maka cara cek oli transmisi mobil matic yang pertama harus dilakukan yaitu memarkirkan mobil di area yang datar agar keadaan oli tetap seimbang.

Menghidupkan Mesin Mobil

Cara cek oli transmisi mobil matic yang kedua yaitu dengan menghidupkan mesin mobil. Karena oli hanya dapat dicek dengan baik dan benar hanya ketika keadaan mobil menyala dan mesin masih panas.

Sehingga Anda perlu menghidupkan mesin mobil untuk melakukan beberapa tahap cara cek kualitas isi mobil matic ini.

Tapi di dalam cara cek oli transmisi mobil matic ini Anda perlu melakukan rem tangan agar mobil tidak bergerak tiba-tiba saat proses pengecekan oli transmisi.

Dengan begitu, maka cara cek oli transmisi mobil matic ini dapat Anda lakukan dengan sangat mudah.

Memainkan Tuas Transmisi

Memainkan Tuas Transmisi, Untuk Cara Cek Oli Transmisi Mobil

Memainkan tuas transaksi menjadi cara cek oli transmisi mobil matic selanjutnya. Yang mana bos transmisi ini berada di dekat tempat duduk pengendara mobil.

Karena oli yang dimaksud di sini merupakan oli transmisi maka hal tersebut tidak akan lepas dari mesin transmisi ataupun tua transmisi yang mengandalkan mesin tersebut.

Oli dapat berfungsi untuk memberi pelumas pada mesin transmisi. Paling juga berfungsi untuk membantu menambah tenaga pada mesin transmisi di mobil matic itu.

Tidak hanya di situ, aku juga membantu mengurangi terjadinya gesekan-gesekan yang keras yang dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin transmisi itu sendiri.

Dan untuk cara cek oli transmisi mobil matic ini maka Anda perlu memainkan tuas transmisi yang mana hal tersebut berguna untuk memasukkan oli ke jalur valve dan solenoid sehingga oli dapat merata masuk ke seluruh bagian mesin.

Adapun tahapan yang dilakukan untuk melakukan cara cek oli transmisi mobil matic yang satu ini yaitu dengan memposisikan tuas transisi ke posisi P diikuti dengan mencabut dipstik oli untuk dibesihkan dan dipasang lagi agar dapat menunjukkan hasil yang akurat.

Lalu Anda bisa melakukan cara cek oli transmisi mobil dengan mencoba dan memposisikan tuas ke semua posisi transmisi. Hal tersebut bertujuan agar dapat melihat respon dari transmisi tersebut.

Jika transmisi dalam keadaan baik maka respon akan terjadi dalam kurun waktu yang sangat singkat yaitu kurang dari 5 detik. Selain itu juga tidak akan ada hentakan yang kasar karena tidak ada sistem hidrolik yang bermasalah.

Memeriksa Dipstik

Untuk memeriksa listrik oli transmisi yaitu dengan cara cek oli transmisi mobil matic dengan membuka kap mobil dan mengambil atau menarik dipstik yang digunakan untuk mengecek kondisi oli tersebut.

Yang mana dipstik tersebut kemudian diberikan lalu dipasang lagi Kemudian diangkat kembali untuk mengecek ketinggian oli yang ada pada dipstik.

Adapun ciri khas dari oli yang masih bagus yaitu oli akan berwarna merah. Dan Jika oli berwarna hitam dan sedikit berbau hangus maka oli sudah tidak bagus lagi dan perlu diganti. Selain itu, volume oli pada dipstik juga tidak boleh melebihi batas maksimum atau melewati batas minimum.

Mengecek Jarak Tempuh Sebagai Tahapan Terakhir Cara Cek Oli Transmisi Mobil Matic

Mengecek jarak tempuh juga menjadi salah satu tahapan dalam cara mengecek oli transmisi pada mobil matic.

Karena mobil yang sudah menempuh jarak 80.000 km harus mengganti oli transmisinya.

Karena dengan jarak yang sudah ditempuh ini maka akan tercipta banyak kerak dan kotoran yang terdapat di dalam oli sehingga keadaan oli tersebut sudah tidak bagus lagi dan sudah tidak layak digunakan karena bisa saja mengganggu kinerja mesin dan membuat mesin tidak bekerja dengan baik.

Maka dari itu perlu dilakukan pengecekan terhadap jarak yang ditempuh mobil tersebut karena jika tidak maka ketika oli sudah keadaan kotor dan terdapat banyak kerak maka hal tersebut dapat mengganggu kinerja mesin.

Tahapan-tahapan di atas adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek oli transmisi mobil matic sebagai antisipasi untuk menghindari kehabisan oli atau menghindari oli yang memiliki keadaan yang kotor dan berkerak.

Yang mana dengan oli yang kering rumah kotor atau bergerak maka kinerja mesin akan terganggu dan mesin juga dapat mengalami gesekan yang cukup keras pada mesin itu sendiri sehingga dapat mempercepat terjadinya kerusakan mesin transmisi di dalam mobil matic.

Maka dari itu pengecekan terhadap oli transmisi mobil matic ini sangat perlu dilakukan dan tidak boleh disepelekan lagi karena oli transmisi ini sangat penting bahkan banyak dijuluki sebagai nyawanya mesin transmisi.

Karena oli sendiri Ini juga berfungsi untuk menambah tenaga yang dapat disalurkan ke mesin transmisi sehingga transmisi dapat bekerja dengan kinerja yang lebih baik.

Baca Juga: Cukup Beragam, Inilah Berbagai Fungsi Transmisi pada Mobil

Pilih Bengkel Spesialis Transmisi Untuk Cek Oli Transmisi

Jika Anda masih merasa bingung apabila saat melakukan cek oli transmisi dan kapan menentukan untuk mulai mengisi oli transmisi kembali, lebih baik bawa mobil Anda ke bengkel spesialis transmisi untuk lakukan konsultasi dengan lebih dalam.

Karena sistem transmisi mobil sangatlah kompleks, sehingga kesalahan penanganan justru bisa menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi. Guna mencegah hal ini, percayakan selalu bengkel spesialis transmisi terpercaya, seperti DOMO Transmisi.

Layanan perawatan dan perbaikan transmisi mobil dari Dokter Mobil ini menggunakan peralatan berteknologi tinggi serta teknisi yang sudah ahli dalam bidang ini. Selain itu, DOMO Transmisi telah melalui riset dan pengembangan yang panjang serta dibawa langsung dari Malaysia, sehingga kualitasnya memang sudah terjamin.

Untuk itu, pastikan bahwa transmisi mobil Anda senantiasa sempurna dengan reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau melalui link berikut untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati langsung layanan dari DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.