5 Penyebab Avanza Matic Getar Seperti Mau Mati, Wajib Waspada

Avanza Matic Getar

Bagi kalian pemilik mobil, Apakah pernah mengalami Avanza Matic Getar seperti mati? Bisa jadi ini masalahnya.

Jika Anda mengalami getaran yang signifikan pada mobil Avanza seperti hampir mati, ini bisa menunjukkan adanya masalah pada kendaraan tersebut yang bisa jadi disebabkan oleh Transmisi mobil Avanza kalian. Permasalahan yang dihadapi Avanza Matic Getar seperti mau mati memang berbeda-beda, maka dari itu kita akan membahasnya.

Penyebab Avanza Matic Getar Seperti Mau Mati

Kali ini kita akan memberikan informasi apa saja yang dapat menyebabkan Avanza Matic Getar Seperti mau mati, Simak disini.

Mesin yang bermasalah

Getaran yang kuat dan hampir mati pada Avanza bisa disebabkan oleh masalah pada sistem bahan bakar, seperti injektor yang tersumbat atau pompa bahan bakar yang rusak, bahkan Transmisi. Hal ini dapat mengakibatkan pasokan bahan bakar yang tidak cukup sehingga mesin bergetar dan kinerjanya terganggu.

Throttle Body kotor

Jika mobil Avanza Anda menggunakan Throttle Body, kotoran atau endapan dalam Throttle Body dapat mengganggu campuran udara dan bahan bakar yang tepat. Hal ini bisa menyebabkan mesin bergetar dan bahkan bisa berhenti bekerja. Dan ini menjadi salah satu penyebab Avanza Matic Getar.

Busi yang rusak

Busi yang rusak atau kotor dapat mengganggu pembakaran yang efisien dalam mesin. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, hal ini bisa menyebabkan mesin bergetar dan bahkan mati.

Masalah pada sistem pengapian

Sistem pengapian yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik juga bisa menyebabkan getaran pada Avanza.

Misalnya, kabel busi yang longgar atau koil pengapian yang rusak. Ini menjadi salah satu faktor Avanza Matic Getar.

Kerusakan pada Driveshaft

Driveshaft yang aus, kendur, atau patah dapat menyebabkan getaran yang tidak normal pada mobil. Ini bisa terjadi jika ada kerusakan pada ujung-ujung driveshaft atau jika terjadi keausan pada persendian dan bantalan.

Masalah pada Transmisi

Transmisi yang tidak berfungsi dengan baik, misalnya dalam posisi gigi yang salah atau memiliki komponen yang rusak, dapat menyebabkan gejala getaran. Ini bisa disebabkan oleh masalah pada kopling, torque converter, atau bagian internal transmisi lainnya.

Cara Mencegah Agar Avanza Matic Tidak Getar

Inilah pencegahan yang bisa kalian lakukan agar Avanza kalian tidak mengalami getaran.

Perawatan Rutin

Pastikan untuk menjalankan perawatan rutin pada mobil Anda sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Ini termasuk mengganti oli secara teratur, membersihkan atau mengganti filter udara dan bahan bakar, serta menjaga sistem pengapian dalam kondisi yang baik.

Baca juga: 10 Cara Merawat Transmisi Matic dan Biaya Perawatan Terbarunya

Gunakan Bensin Berkualitas

Anda bisa menggunakan bensin yang berkualitas baik dan pastikan untuk mengisi bahan bakar di tempat terpercaya. Bahan bakar yang buruk atau terkontaminasi dapat menyebabkan masalah pada sistem bahan bakar dan mempengaruhi kinerja mesin.

Periksa Komponen Injector Mobil

Lakukan pemeriksaan berkala pada sistem bahan bakar, termasuk injektor dan pompa bahan bakar. Pastikan semua komponen berfungsi dengan baik dan tidak ada sumbatan yang dapat menghambat aliran bahan bakar yang tepat.

Perawatan Throttle Body

Jika mobil Avanza Anda menggunakan Throttle Body, pastikan untuk membersihkannya secara teratur. Kotoran atau endapan dalam karburator dapat mengganggu kinerjanya dan menyebabkan getaran pada mesin.

Pemeriksaan Sistem Pengapian

Periksa secara rutin sistem pengapian, termasuk busi, kabel busi, dan koil pengapian. Pastikan semuanya dalam kondisi yang baik dan ganti jika diperlukan.

Pemeliharaan Sistem Pendingin

Pastikan sistem pendingin mobil Anda berfungsi dengan baik. Periksa kondisi kipas radiator, level cairan pendingin, dan periksa apakah ada kebocoran.

Setelah mengetahui pencegahannya, Apakah kalian mengalami Avanza matic getar? Jika kalian mengalaminya silahkan datang ke Domo Transmisi.

Kenapa harus Domo Transmisi? Domo Transmisi sudah menggunakan peralatan yang canggih serta teknisi kami telah memiliki pengalaman banyak dalam menangani permasalahan mobil matic.

Tidak udah takut masalah harga, kalian bisa melakukan konsultasi bersama teknisi kami untuk melakukan perbaikan pada mobil kalian. Jika kalian ingin melakukan reservasi terlebih dahulu, hubungi admin melalui WhatsApp pada nomor 0882_1244_0591 atau klik disini. Silahkan datang ke Domo Transmisi yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Permasalahan pada Avanza yang mengalami getaran seperti mau mati tidak boleh disepelekan. Getaran tersebut bisa menjadi tanda adanya masalah serius dalam kendaraan Anda. Jika dibiarkan tanpa perbaikan, masalah tersebut dapat memperburuk kondisi mesin dan menyebabkan kerusakan yang lebih serius.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.