Transmisi Tiptronic Sebagai Pemanis Mobil Matic

Bagi Anda yang sudah lama menjalani dunia otomotif pasti mengetahui apa itu istilah transmisi tiptronic. Yang mana transmisi tiptronic ini sudah melekat erat dunia per otomotifan dan merupakan bagian komponen dari mobil matic. Sehingga bagi Anda yang merupakan pengendara mobil terutama pengendara mobil matic tentu tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini.

Transmisi tiptronic ini sendiri merupakan fitur tambahan yang terdapat pada mobil matic. Sehingga dengan adanya fitur transmisi tiptronic ini dapat membantu mobil untuk pengoperasian terutama pada bagian transmisi itu sendiri. Adapun untuk mengetahui apa itu transmisi tiptronic lebih dalam simak dan perhatikan dengan baik penjelasan di bawah ini.

Pengertian Transmisi Tiptronic

Pengertian Transmisi Tiptronic

Transmisi tiptronic adalah komponen yang menjadi komponen tambahan dalam mobil matic namun meskipun menjadi komponen tambahan transmisi ini fungsi dan tujuan yang sangat berarti bagi mobil matic itu sendiri.

Transmisi tiptronic ini merupakan fitur dalam mobil matic Dian memiliki penambahan program yang memiliki penambahan program pada transmission control unit dan penambahan saklar. Dengan adanya transmisi tiptronic ini maka transmisi akan lebih mudah berpindah gigi secara manual. Terutama di dalam mobil matic ini perpindahan transmisi hanya bisa dilakukan dengan cara otomatis maka dengan menggunakan transmisi jenis ini perpindahan transmisi akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Biasanya transmisi triptonik ini memiliki 4 gearbox yang memiliki percepatan yang berbeda-beda yang mana 4 gearbox ini sering diterapkan dan digunakan pada mobil matic buatan Eropa. Meskipun begitu masih banyak mobil matic produksi Asia dan benua lainnya yang menggunakan transmisi ini untuk fitur tambahan di dalam mobil matic yang diproduksi.

Istilah Transmisi Tiptronic

Transmisi jenis ini memiliki nama yang berbeda-beda tiap produsennya. Meskipun berbeda akan tetapi transmisi jenis ini tetap memiliki fungsi dan kegunaan yang sama. Adapun beberapa istilah dari beberapa produsen tersebut yaitu diantaranya manumatic, geartronic, sportronic, touchshift, dan lain sebagainya.

Sejarah Transmisi Tiptronic

Sejarah transmisi jenis ini mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. Karena kebanyakan orang juga tidak peduli mengenai sejarah sesuatu. Padahal sebagai generasi masa kini pun kita harus mengetahui tentang sejarah termasuk sejarah dari transmisi triptonik ini. Transmisi matic jenis triptronic ini sendiri pertama kali dirilis oleh Porsche pada tahun 1989. Porsche pada tahun 1989 ini telah membuat suatu hal yang baru dengan menyematkan transmisi semi otomatis yang pertama untuk mobil matic yang saat itu diproduksi secara massal. Dan di tahun 1989 tersebut, mobil matic dengan jenis transmisi inibyaitu mobil dengan kode 911.

Sejak saat itulah transmisi jenis tiptronic ini diterapkan pada model-model mobil yang lainnya sebagai standar untuk menyempurnakan transmisi mobil matic yang mana mobil matic terkadang hanya mengandalkan komponen gas dan rem saj. Dan dari waktu ke waktu transmisi ini terus berkembang dan disempurnakan oleh Porsche dan teman-temannya yaitu Bosch dan ZF.

Kelebihan Transmisi Tiptronic

Setiap komponen dari sebuah mobil yang diciptakan pasti memiliki keunggulan dan kelebihan tersendiri. Tidak terkecuali dengan transmisi ini yang memiliki fungsi dan kelebihannya. Transmisi ini memiliki kelebihan yang cukup signifikan dibandingkan dengan transmisi yang biasanya bahkan dapat membantu banyak sekali pengoperasian dalam mobil terutama dalam mobil matic.

Yang paling menonjol dari transmisi mobil matic ini yaitu akselerasi yang sangat baik sehingga dapat membantu transmisi mobil matic yang utama menjadi lebih mudah berpindah gigi tanpa harus bersusah payah dan dapat dilakukan secara semi otomatis hanya melalui tombol yang ada pada mobil matic itu sendiri. Dan ketika mobil matic mengalami percepatan dari titik diam hingga mencapai kecepatan tertentu mobil yang memiliki transmisi jenis ini dapat memberikan kenyamanan dalam berkendara sehingga baik pengemudi maupun penumpang yang lainnya akan merasa tenang dan lebih nyaman jika mobil matic menerapkan dan mempunyai transmisi yang satu ini.

Selain itu yang dapat dibanggakan dari transmisi tiptonik ini yaitu mengenai transmisi yang sudah terkomputerisasi dengan baik sehingga pengendara dari mobil matic tersebut akan sangat mudah memindahkan gigi secara otomatis sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh mobil matic itu sendiri.

Dan yang paling istimewa dari transmisi jenis ini yaitu perubahan pengoperasian transmisi yang dapat diubah sewaktu-waktu. Anda bisa melakukan perpindahan gigi secara manual dengan menggunakan transmisi jenis ini dan Anda juga bisa menggunakan transisi otomatis menggunakan transmisi otomatis yang pada umumnya hanya menggunakan komponen mobil berupa gas dan rem saja.

Baca Juga: Cara Kerja Sistem Transmisi Otomatis

Membuat Transmisi Jenis Tiptronic Menjadi Lebih Optimal

Banyak sekali hal-hal yang dapat dilakukan untuk membuat transmisi jenis triptonik ini menjadi lebih optimal dibandingkan dengan biasanya. Adapun langkah-langkah ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah baik dengan cara manual ataupun dengan dibawa ke bengkel terdekat. Anda hanya tinggal memilih ingin lebih simpel namun mengeluarkan uang atau ingin lebih hemat uang namun mengeluarkan sedikit tenaga untuk melakukan langkah-langkah yang dapat digunakan untuk membuat transmisi jenis ini menjadi lebih optimal. Adapun langkah-langkah yang sangat cocok digunakan untuk membuat transmisi jenis ini menjadi lebih optimal yaitu sebagai berikut.

Sesuaikan Pemakaian Transmisi Sesuai dengan Kebutuhan

Menghemat merupakan solusi yang tepat dalam kondisi apapun. Termasuk dengan menghemat penggunaan transmisi pada mobil matic. Karena dengan menggunakan transmisi jenis ini sesuai kebutuhan saja maka transisi akan menjadi lebih optimal ketika transmisi sedang dibutuhkan. Sangat berbeda jika transmisi terus digunakan meskipun dapat menggunakan transmisi otomatis karena jika hal tersebut terus digunakan maka akan dapat mengakibatkan risiko terjadinya kemacetan ketika transmisi sedang sangat dibutuhkan.

Adapun transmisi jenis ini terkadang dibutuhkan pada saat mobil melewati tanjakan yang cukup curam atau turunan yang cukup curam yang mana dengan menggunakan transmisi otomatis cukup sulit dilakukan. Maka saat inilah transmisi yang dapat mengubah menjadi transmisi manual dibutuhkan.

Adapun transmisi jenis ini terkadang seringkali dibutuhkan saat tanjakan karena ketika mobil menggunakan transmisi otomatis dan melewati tanjakan curam banyak dijumpai orang yang menginjak pedal gas dalam-dalam padahal dengan menginjak pedal gas tersebut dalam dalam bukannya membuat laju mobil semakin cepat malah membuat mobil menjadi kehilangan tenaga.

Kembalikan Transmisi Ke Transmisi Otomatis Ketika Transmisi Sudah Tidak Digunakan

Cara selanjutnya untuk membuat transmisi jenis ini lebih optimal yaitu dengan mengganti transmisi jenis tiptronic ke dalam transmisi otomatis ketika transmisi tersebut tidak digunakan lagi. Dengan cara seperti itu maka anda dapat menghemat tenaga Dengan cara seperti itu maka Anda dapat menghemat tenaga dari transmisi jenis triptonik ini.

Maka sebagai pengemudi dari mobil matic jangan sampai Anda lupa untuk mengembalikan transmisi ke transmisi otomatis ketika transmisi jenis triptonik ini sudah tidak digunakan lagi. Dengan begitu maka transmisi bisa menjadi lebih optimal ketika benar-benar dibutuhkan.

Service Transmisi secara Berkala di Bengkel Transmisi Mobil Terpercaya

Pastikan untuk merawat transmisi tiptronic mobil Anda di bengkel terpercaya, seperti DOMO TRANSMISI.

DOMO TRANSMISI adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Layanan pemeriksaan komponen dan servis di DOMO TRANSMISI semuanya akan dikerjakan oleh teknisi yang handal, berpengalaman. Secara umum, servis dan pengecekan sangatlah penting untuk menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman. Karena itu, Anda dapat membawa kendaraan Anda untuk melakukan servis dan pengecekan rutin di bengkel terpercaya seperti DOMO TRANSMISI untuk hasil terbaik.

Reservasi layanan DOMO TRANSMISI sekarang 088212440591 atau hubungi disini. Reservasi lebih mudah karena bisa dari rumah, Anda akan diarahkan langsung untuk mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk melakukan perawatan transmisi tiptronic mobil Anda tanpa harus mengantre layaknya bengkel biasa.

Penutup

Demikian di atas merupakan artikel mengenai transmisi jenis tiptronic yang merupakan fitur tambahan pada mobil matic. Dengan fitur tambahan ini maka mobil matic dapat berfungsi dengan performa yang lebih baik dan dapat digunakan dengan mudah dan efektif juga efisien.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Scroll to Top