Penting Cari Waktu yang Tepat Ganti Oli Gardan Mobil

Penting Cari Waktu yang Tepat Ganti Oli Gardan Mobil

Waktu yang tepat ganti oli gardan mobil adalah salah satu informasi yang harus diperhatikan oleh para pemilik kendaraan. Sampai dengan saat ini juga masih banyak dari para pemilik kendaraan yang abai dengan perihal tersebut.

Oli gardan ini mempunyai peran dan fungsi yang sangat penting. Salah satu fungsi dari olo gardan, yaitu untuk melindungi pinion gear supaya tidak bersinggungan langsung dengan komponen bearing. Maka dari itu, untuk jangka waktu penggantian oli gardan juga sangat jauh.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap dan jelas mengenai perihal waktu yang tepat ganti oli gardan mobil. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran dengan perihal oli gardan bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya di bawah ini.

Waktu yang Tepat Ganti Oli Gardan Mobil

Waktu yang Tepat Ganti Oli Gardan Mobil

Meski pergantian oli tidak dilakukan secara rutin, seperti melakukan pergantian oli mesin. Akan tetapi, untuk masalah oli gardan ini juga mempunyai waktu atau batas usia dalam penggunaan.

Waktu yang tepat ganti oli gardan mobil ini hampir sama dengan melakukan pergantian oli transmisi mobil matic. Paling tidak, untuk waktu yang paling tepat berada di setiap kelipatan 40.000 km atau 2 tahun masa pakai.

Jangka waktu pergantian tersebut juga sudah tergolong lama. Biasanya, untuk masalah waktu yang tepat ganti oli gardan mobil ini masih banyak disepelekan oleh para pengguna kendaraan dan bisa sampai terlupakan.

Oli gardan yang sudah dipergunakan dengan jangka waktu yang panjang, maka bisa menimbulkan ketidaknyamanan di saat berkendara sedang berlangsung. Sedangkan, untuk jarak antar gear pada gardan ini juga tidak menjadi presisi dan muncul suara. Maka dari itu, untuk masalah waktu yang tepat ganti oli gardan mobil bisa dicatat supaya tidak kelupaan.

Ciri-ciri Oli Gardan

Seperti fungsi oli pada umumnya, untuk jenis oli gardan ini mempunyai fungsi sebagai pelumas. Ketika tidak lama dilakukan pergantian, maka komponen tersebut bisa mengalami kerusakan dan jebol. Ada beberapa ciri-ciri oli gardan yang harus dilakukan pergantian, yaitu:

Muncul Beberapa Gejala pada Oli Gardan

Oli gardan pada kendaraan ini mempunyai posisi dibawah. Maka dari itu, biasanya sudah muncul beberapa penyebab tersebut harus sesegera mungkin untuk melakukan perbaikan atau diganti.

Untuk ciri pertama dari oli gardan yang bermasalah adalah terdengar dengungan dari bagian bawah atau kolong mobil. Meski berada di dalam mobil, akan tetapi suara dengungan tersebut tetap masih kedengaran.

Penyebab bunyi ini diakibatkan pada komponen gir dalam transmisi yang mempunyai cara kerja secara ekstra. Selain itu, oli gardan yang tidak bagus ini bisa menyebabkan bersentuhan langsung di saat tidak segera diganti.

Ciri pada oli gardan yang kedua adalah terasa getaran di bagian bodi di saat jalanan turun. Tidak hanya itu saja, untuk ciri lain juga terdengar suara di saat berbelok dan mobil sangat sulit untuk dibelokkan.

Melewati Batas dalam Penggunaan Oli

Semua komponen yang ada di dalam kendaraan mobil dan sudah melewati batas penggunaan ini bisa memberikan cara kerja secara tidak optimal lagi. Maka dari itu, untuk langkah yang bisa diambil oleh para pemilik kendaraan adalah mengecek spesifikasi dari oli gardan tersebut.

Pastikan juga untuk jumlah oli gardan pada kendaraan mobil tersebut sudah sesuai dengan syarat. Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa para pemilik kendaraan harus melakukan pergantian oli gardan.

Paling tidak, untuk pergantian oli gardan sangat disarankan melakukan pergantian mencapai 40.000 km. Selain itu, jangka pergantian oli gardan pada mobil ini kurang lebih selama 2 tahun saja.

Baca Juga: Permasalahan Akibat Oli Transmisi Kurang

Oli Gardan Mengalami Perubahan

Pada ciri-ciri kali ini akan terlihat apabila tidak sengaja melakukan pengecekan kondisi oli gardan. Untuk oli gardan yang masih baru, biasanya mempunyai warna yang sangat amat jernih.

Sebaliknya, untuk warna oli yang sudah berganti warna menjadi putih atau abu-abu gelap. Maka, langkah yang bisa diambil adalah melakukan pergantian karena kondisi tersebut sudah tidak bagus.

Perhatikan juga kekentalan oli ini juga menjadi satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Selain itu, oli gardan yang sudah kondisinya encer maka bisa langsung sesegera mungkin dilakukan pergantian.

Perubahan warna dan kekentalan pada oli gardan ini bisa saja disebabkan akibat dua hal. Bisa saja, oli gardan tersebut sudah terkontaminasi air jalanan yang menggenang, banjir atau memang sudah lama tidak dilakukan pergantian.

Untuk penyebab yang pertama, Anda tidak perlu merasa khawatir di saat belum mencapai jarak sampai dengan 40.000 km atau selama 2 tahun lamanya. Langsung saja memilih bengkel terpercaya untuk melakukan pergantian oli gardan.

Tips Memilih Oli Gardan

Setelah paham mengenai waktu yang tepat ganti oli gardan mobil, maka bisa dilanjutkan ke beberapa tips. Ada 3 tips memilih oli gardan yang bisa dijadikan sebagai bahan informasi, yaitu:

Memperhatikan Komposisi Oli

Untuk komposisi oli gardan, biasanya terdiri dari base oil dan beberapa zat aditif lainnya. Pada base oil ini juga masih terbagi menjadi dua jenis lagi, yaitu oli mineral dan oli sintetik. Oli sintetik, biasanya mempunyai kualitas yang baik daripada oli mineral.

Maka dari itu, oli sintetik tersebut mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan lainnya. Sedangkan, oli sintetik juga terdapat beberapa kelebihan indeks viskositas yang sangat tinggi dan tingkat penguapan sangat amat rendah.

Memilih Oli dengan Zat Aditif

Zat Aditif pada oli gardan mempunyai fungsi sebagai pelarut base oil agar stabilitas oksidasi optimal. Sehingga, oli gardan ini mempunyai fungsi yang lebih optimal dalam memberikan perlindungan beberapa komponen gir dengan jangka waktu panjang.

Memperhatikan Merek Oli yang Terpercaya

Tips yang paling akhir dalam memilih oli gardan adalah mempertimbangkan perihal merek. Pastikan oli gardan yang dipergunakan ini sudah terpercaya atau tidak dipilih secara sembarangan begitu saja.

Selain itu, jangan sampai oli gardan dicampur dengan air atau mempunyai warna abu-abu. Oli gardan yang sudah mempunyai warna tersebut, maka langkah yang bisa diambil adalah melakukan pergantian.

Rekomendasi Tempat Pergantian Oli Gardan

Anda pun perlu selektif dalam memilih bengkel mana yang akan dituju untuk mengganti oli gardan. Karena apabila salah dalam memilih bengkel, komponen-komponen yang ada justru bisa mengalami kerusakan, lho.

Melakukan pergantian oli gardan yang terpercaya bisa Anda lakukan di bengkel DOMO Transmisi. Hal ini karena bengkel DOMO Transmisi milik Dokter Mobil ini adalah bengkel yang sudah terpercaya.

DOMO TRANSMISI adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Layanan pemeriksaan komponen dan servis di DOMO TRANSMISI semuanya akan dikerjakan oleh teknisi yang handal dan berpengalaman sehingga menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Reservasi layanan DOMO TRANSMISI sekarang 088212440591 atau melalui link berikut. Reservasi lebih mudah karena bisa dari rumah, Anda akan diarahkan langsung untuk mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk mengganti oli gardan mobil Anda tanpa harus mengantre layaknya bengkel biasa.

Penutup

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai perihal waktu yang tepat ganti oli gardan mobil. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan informasi kepada Anda yang belum banyak tahu perihal oli gardan.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.