Cara Mudah Cek Kondisi Transmisi Mobil Matic, Tips Simple Bermanfaat

Cara Mudah Cek Kondisi Transmisi Mobil Matic

Untuk anda pemilik mobil matic, kami akan memberikan informasi mengenai cara mudah untuk cek kondisi transmisi mobil matic anda.

Transmisi mobil matic adalah komponen yang kompleks dan penuh dengan gigi-gigi dan komponen lainnya yang bekerja harmonis untuk mengubah torsi mesin menjadi gerakan roda.

Sama eperti mesin yang kompleks, transmisi memerlukan perhatian dan perawatan teratur agar tetap berfungsi dengan baik.

Jika anda mengabaikan perawatan pada transmisi, maka beberapa masalah akan muncul.

Mulai dari perpindahan gigi yang tidak lancar, hingga overheating yang berpotensi merusak transmisi secara keseluruhan.

Oleh karena itu, memeriksa kondisi transmisi secara berkala adalah jawaban yang tepat.

Bagaimana Cara Mudah Cek Kondisi Transmisi Mobil Matic?

Kami sudah rangkum cara mudah cek kondisi transmisi mobil matic anda, simak tips berikut.

  1. Periksa Warna dan Bau Oli Transmisi.

Langkah pertama Cara Mudah Cek Kondisi Transmisi Mobil Matic yaitu, periksa warna dan bau oli transmisi, Caranya simplenya yaitu ambil tisu bersih dan usapkan pada cairan transmisi yang ada pada stik pengukur.

Warna cairan transmisi yang sehat umumnya berwarna merah terang. Jika cairan tersebut berwarna kemerahan dan bersih, itu adalah pertanda baik!

Namun, jika Anda melihat warnanya cenderung kecokelatan atau bahkan hitam, ini bisa menjadi indikasi bahwa cairan transmisi sudah terlalu tua dan perlu diganti.

Selain itu, perhatikan juga bau cairan. Jika Anda mencium bau yang aneh atau menyengat, itu bisa menunjukkan adanya masalah dalam transmisi Anda.

  1. Cobalah saat perpindah Gigi

Langkah selanjutnya dalam Cara Mudah Cek Kondisi Transmisi Mobil Matic yaitu, lakukanlah perpindahan gigi mobil matic.

Anda bisa melakukannya dengan menjalankan mesin dan membiarkan mobil bergerak secara perlahan. Apakah perpindahan giginya terasa halus atau ada lonjakan yang tidak wajar?

Transmisi yang sehat seharusnya dapat berpindah gigi dengan mulus dan tanpa ada guncangan yang signifikan.

Jika Anda merasa adanya lonjakan atau guncangan saat transmisi berpindah gigi, ada kemungkinan ada masalah pada sistem transmisi.

Baca Juga: 6 Penyebab Transmisi Mobil Delay, Apa Saja?

  1. Inspeksi Kebocoran

Jika anda melihat tanda-tanda kebocoran pada mobil matic, periksalah area di sekitar mobil matic anda apakah terdapat bercak oli pada transmisi anda.

Cairan transmisi biasanya berwarna merah, jadi jika Anda melihat bercak cairan merah di bawah mobil Anda, itu adalah tanda kebocoran yang perlu segera ditangani.

  1. Uji coba Kendaraan

Tidak ada cara yang lebih baik untuk memeriksa kondisi transmisi mobil matic Anda daripada dengan melakukan test kendaraan secara langsung.

Saat melakukan test drive, perhatikan apakah terdapat gejala-gejala seperti suara berisik, getaran yang tidak normal, atau kesulitan dalam berpindah gigi.

Saat ini kalian sudah mengetahui Cara Mudah Cek Kondisi Transmisi Mobil Matic, nah kami juga menginformasikan mengenai kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic.

Kerusakan yang sering terjadi pada Mobil Matic

  • Transmisi Slip, salah satu kerusakan yang terjadi pada mobil matic yaitu, slip transmisi. Gejala ini umumnya muncul ketika transmisi tergelincir dari posisi gigi yang seharusnya.

 

  • Transmisi mengalami panas berlebih, Transmisi yang terlalu panas dapat merusak komponen internalnya. Tanda-tanda overheating bisa berupa cairan transmisi yang berwarna kecokelatan atau bahkan hitam, serta bau hangus yang tidak sedap.

 

  • Perpindahan Gigi sendiri, Apakah kamu merasa mobil sering “bingung” saat berpindah gigi? Misalnya, mesin terdengar berisik dan putaran mesin naik turun tanpa alasan yang jelas. Ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada solenoid atau katup pengatur tekanan dalam transmisi.

Jika kamu mengalami kerusakan pada mobil matic, kami akan memberi saran terbaik bagi anda.

Penyelesaian Mobil Matic Rusak

Nah kami akan memberikan penyelesaian yang terbaik untuk mobil matic anda, yaitu anda bisa datang ke bengkel Domo Transmisi.

Silahkan datang ke Bengkel kami yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara.

Mobil Matic rusak itu jangan dibiarkan berlama-lama, ini akan merembet terhadap komponen pada mobil matic anda.

Silahkan reservasi melalui WhatsApp pada nomor 0882.1244.0591, agar kamu tidak antre saat datang ke Bengkel Domo Transmisi.

Reservasi sekarang juga untuk mendapatkan penawaran menarik dan potongan harga sesuai syarat dan kententuan yang berlaku.

Jangan pernah ragu untuk merawat mobil maticmu dengan baik, jika mengalami kerusakan silahkan datang ke Domo Transmisi untuk melakukan perbaikan.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
Scroll to Top