Begini Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil, Wajib Tahu!

Cara Mematikan Lampu ABS

Saat Lampus ABS menyala pada mobil anda, mungkin anda langsung khawatir, tetapi bagaimana Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil.

Lampu ABS akan menyala pada dashboard mobil amda, ABS merupakan Anti Lock Braking System yang mencegah roda mobil anda terkunci saat melakukan pengereman secara mendadak.

Tentu saja ini dapat membantu kontrol kemudi dan mencegah slip, jika lampu ABS menyala berarti ada yang tidak beres dengan sistem ini.

Terkadang lampus ABS menyala tidak selalu menandakan masalah serius, bisa jadi dikarenakan sensor yang kotor.

Penyebab Lampus ABS Menyala

Sebelum membahas Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil, kita bahas dulu Penyebab Lampus ABS Menyala, apa yang menjadi penyebabnya?

  • Gangguan pada ECU

Jika ECU bermasalah tentu saja dapat menjadi penyebab lampu ABS menyala, ada kalanya ECU minta di update atau kerusakan pada hardware, penting untuk memeriksa ECU secara berkala.

Baca Juga: Cara Deteksi ECU Mobil Rusak, Pernah Alami?

  • Masalah pada Roda

Komponen roda dapat mempengaruhi sistem ABS, apabila ada masalah pada bearing roda akan mempengaruhi pembacaan sensor ABS dan menyebabkan lampu menyala.

  • Kabel Rusak

Masalah kelistrikan seperti kabel yang rusak atau longgar dapat menjadi penyebab lampu abs menyala, sistem elektronik mobil canggih sangatlah kompleks, hal ini dapat berdampak pada sistem ABS.

Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil

Mudah, Inilah Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil, wajib diperhatikan jika anda mengalami permasalahan ini.

  • Periksa Sensor ABS

Langkah pertama yang bisa anda lakukan yaitu periksa sensor ABS, biasa ini terletak pada roda dan mudah terkena kotoran dari jalan.

Anda perlu melepas roda, agar sensor ABS bisa dibersihkan, gunakan sikat lembut agar membersihkan sensor tanpa merusaknya, setelah selesai nyalakan mobil dan lihat apakah lampu ABS sudah mati.

Baca Juga: Cara Kerja Rem ABS Pada Mobil, Wajib Paham

  • Cek Cairan Rem

Jika membersihkan sensor rem tidak menyelesaikan masalah, anda bisa melakukan pengecekan terhadap minyak rem.

Pastika minyak rem berada di ukuran yang tepat dan tidak ada kebocoran, jika menemukan minyak rem rendah, isi hingga mencapai level yang ditentukan.

  • Reset Sistem ABS

Jika sudah melakukan langkah-langkah diatas, namun tidak berhasil, mungkin anda perlu melakukan reset pada sistem ABS.

Anda bisa menggunakan Scanner, alat ini akan membaca dan menghapus kode kesalahan yang menyebabkan lampu ABS menyala. Setelah sistem ABS di-reset, lampu ABS seharusnya mati.

Jika anda mengalami gangguan pada saat perpindahan gigi atau masalah lainnya, silahkan datang ke bengkel Mobil Matic Terdekat Domo Transmisi.

Karena kami akan melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap mobil matic anda, silahkan reservasi melalui nomor  0882:1244:0591 WHATSAPP agar anda tidak terkena antre.

Domo Transmisi ahlinya mobil matic sejak 2015, anda tidak perlu ragu untuk memperbaiki mobil anda bersama kami.

Teknisi yang kami miliki sangat terlatih dan berpengalaman dan tentunya memiliki rekam jejak sangat baik, tunggu apalagi datanglah ke bengkel kami.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.