Tanda Kerusakan Rack Steer Mobil Matic, Penting Tidak Mengabaikannya

Kerusakan Rack Steer Mobil Matic

Salah satu komponen yang terdapat pada mobil matic yaitu Rack Steer yang merupakan sistem kemudi yang menghubungkan roda kiri dan kanan.

Fungsinya adalah untuk memastikan mobil bergerak sesuai dengan arah yang Anda inginkan. Jadi, bisa dibilang ini adalah jantung dari sistem kemudi Anda.

Apa saja Tanda, Dampak dari Kerusakan Rack Steer Mobil Matic?

Jika Rack Steer tidak berfungsi dengan baik, sebagai pengemudi mobil anda akan menghadapi permasalahan kenyamanan dan keamanan.

Pada umumnya, Mobil Matic memiliki Rack Steer yang sedikit lebih berat dibandingkan dengan mobil manual, karena ini membutuhkan rack steer yang lebih kuat.

Sebelum membahas lebih dalam, sebaiknya kita bahas udlu bagian apa saja yang terdapat pada Rack Steer Mobil Matic.

Bagian yang Terdapat pada Rack Steer Mobil Matic

Ini dia bagian yang yang ada pada Rack Steer Mobil Matic.

  • Pinion Gear: Pinion gear adalah roda gigi yang terhubung langsung dengan setir mobil. Ketika Anda memutar setir, pinion gear ini yang akan berputar dan menggerakkan rack gear. Ini adalah komponen kunci yang memastikan setir Anda terhubung dengan sistem kemudi.

 

  • Rack Gear: Rack gear adalah bagian yang bergerak maju mundur sejajar dengan arah mobil, dipengaruhi oleh putaran dari pinion gear. Ini adalah bagian yang secara langsung menghubungkan roda kiri dan kanan, memastikan keduanya bergerak sesuai dengan input dari setir.

 

  • Tie Rod: Tie rod adalah batang penghubung yang menghubungkan rack gear dengan roda mobil. Fungsinya adalah untuk mentransfer gerakan dari rack gear ke roda, memungkinkan mobil untuk berbelok.

Tanda Kerusakan Rack Steer Mobil Matic Rusak

Apa saja Tanda Kerusakan Rack Steer Mobil Matic Rusak rusak? Berikut tanda yang bisa diperhatikan.

1. Getaran pada Setir

Getaran pada setir seringkali menjadi tanda awal bahwa rak kemudi Anda mengalami masalah.

Hal ini sering dirasakan saat berkendara dengan kecepatan tinggi atau akselerasi. Getaran ini tidak hanya mengganggu, tapi juga bisa menjadi tanda bahwa komponen lain di sekitar sistem kemudi mulai terpengaruh.

Getaran ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari pelumasan yang kurang hingga kerusakan pada komponen rak kemudi.

Resikonya jika dibiarkan bisa berdampak pada komponen lain seperti tie rod bahkan transmisi yang tentunya akan menambah daftar masalah pada mobil Anda.

Baca Juga: Transmisi Mobil Getar? Inilah 5 Solusi Jitu Mengatasinya

2. Suara Berdengung

Bunyi dengung yang muncul saat Anda berbelok atau berkendara bisa jadi merupakan tanda bahwa Rack Steer Anda sedang mengalami masalah.

Suara-suara ini bisa menjadi lebih keras seiring berjalannya waktu dan sangat mengganggu.

Selain itu, suara-suara ini mungkin merupakan tanda awal dari masalah yang lebih serius.

Kebisingan ini biasanya terjadi karena gesekan abnormal antar bagian atau karena pelumasan yang tidak mencukupi.

Jika dibiarkan, kerusakan bisa menjalar ke komponen lain dan memengaruhi performa kendaraan secara keseluruhan, termasuk transmisi dan suspensi.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Transmisi Matic Dengung yang Ampuh

3. Setir Susah dikendalikan

Kesulitan dalam berkendara, seperti setir yang berat atau mobil yang sulit dikendalikan, bisa jadi merupakan tanda adanya masalah serius pada sistem kemudi rack-and-pinion Anda.

Ini bukan hanya soal kenyamanan, tapi juga masalah keselamatan yang bisa membahayakan Anda dan penumpang lain.

Masalah ini seringkali disebabkan oleh kerusakan pada steering rack atau komponen terkait, seperti tie rod atau pinion gear.

Resikonya adalah kehilangan kendali yang bisa berakibat fatal, apalagi jika Anda sedang dalam perjalanan.

Nah, belum selesai pembahasan kita, kali ini kami akan informasikan kepada anda mengenai bahaya patahnya Rack Steer pada gearbox, apa saja dampaknya?

Bahaya Rack Steer Rusak Bagi Transmisi

  • Perpindahan Gigi yang tidak lancar, Perpindahan gigi tidak mulus. Jika steering rack mengalami kerusakan maka akan terjadi ketidakseimbangan distribusi beban antar roda. Hal ini dapat membuat transmisi bekerja lebih keras saat perpindahan gigi, yang tentunya bukan hal yang baik. Jika dibiarkan dalam waktu lama, kondisi ini bisa menyebabkan girboks cepat aus bahkan rusak. Perpindahan gigi yang tidak mulus juga akan mempengaruhi penghematan bahan bakar dan performa mesin secara keseluruhan.

  • Kehilangan kontrol saat digunakan, Rusaknya rak kemudi dapat mengakibatkan hilangnya kendali, terutama pada kecepatan tinggi. Hal ini berbahaya karena dapat memaksa transmisi beroperasi dalam kondisi ekstrim, seperti perpindahan gigi secara tiba-tiba atau bahkan gigi selip. Kondisi ini dapat menyebabkan keausan dini pada komponen transmisi dan pada kasus yang parah dapat menyebabkan kegagalan transmisi total.

  • Terjadi kecelakaan, jangan biarkan hal itu terjadi pada Anda. Rusaknya rak kemudi meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan yang tentunya dapat berdampak serius pada transmisi. Jika terjadi kecelakaan, transmisi mungkin rusak parah dan memerlukan perbaikan atau penggantian total. Kerusakan transmisi akibat kecelakaan tidak hanya mempengaruhi performa tetapi juga mempengaruhi nilai jual kembali kendaraan Anda.

Apabila anda mengalami kerusakan transmisi akibat Rack Steer yang bermasalah pada mobil matic?

Segera hubungi Customer Service Domo Transmisi melalui WA di nomor 0882.1244.0591, agar anda tidak terkena antre.

Domo Transmisi telah berpengalaman untuk permasalahan pada mobil matic, jadi anda tidak perlu khawatir untuk memperbaiki kendaraan anda.

Anda bisa kunjungi bengkel kami Domo Transmisi yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, Pegangsaan Dua, Jakarta Utara.

Garansi 6 bulan atau setara 20.000km untuk perbaikan mobil matic anda, jadi tunggu apalagi.

Kami sedang mengadakan promo pengecekan transmisi, hanya 99 ribu permasalahan yang terjadi pada mobil matic anda bisa didiagnosa dengan tepat, reservasi sekarang juga melalui WA.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.