Kenali Lebih Dekat Apa Itu Transmisi Mobil

Apa itu transmisi mobil dan bagaimana cara kerjanya merupakan salah satu pertanyaan yang sampai dengan saat ini masih terpikirkan oleh beberapa orang. Selain itu, banyak dari kalangan masyarakat yang selalu mempertimbangkan untuk beralih atau berpindah ke mobil dengan transmisi otomatis.

Apalagi, untuk sekarang mobil dengan transmisi otomatis ini lebih banyak dipilih oleh kalangan masyarakat. Salah satu alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena dengan transmisi otomatis ini bisa membuat kalangan penggunanya merasa santai dan nyaman.

Supaya tidak bimbang secara terus menerus, untuk kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai apa itu transmisi mobil. Sedangkan, untuk Anda yang baru saja ingin membeli mobil bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

Apa Itu Transmisi Mobil?

Apa Itu Transmisi Mobil

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk pertanyaan apa itu transmisi mobil ini masih sering menjadi tanda tanya besar. Transmisi mobil secara otomatis, biasanya akan dituliskan dengan A/T.

Artinya, untuk sistem transmisi yang dipergunakan akan berlangsung secara otomatis. Selain itu, untuk perpindahan gigi ini terjadi pada besarnya tekanan pada pedal gas mobil tersebut.

Berbeda dengan transmisi mobil manual yang membutuhkan pedal kopling dan tuas untuk memindahkan gigi. Pada transmisi manual, pengemudi harus menginjak pedal kopling dengan menggeser tuas untuk memindahkan gigi.

Koordinasi perpindahan atau gerak ini harus berjalan dengan tepat, karena bisa membuat mobil mati secara tiba-tiba. Berbeda lagi dengan apa itu transmisi mobil otomatis dengan cukup menggerakkan tuas tanpa harus menginjak kopling terlebih dahulu.

Baik apa itu transmisi mobil secara otomatis atau manual, untuk keduanya masih tetap bisa ditemukan pada kendaraan mobil. Prinsip kerja dari transmisi otomatis ini masih tetap sama, yaitu mengkonversi torsi dan kecepatan berbeda-beda sesuai dengan momen yang dihasilkan.

Mengenal Apa Itu Transmisi Mobil Otomatis

Tidak hanya pertanyaan apa itu transmisi mobil saja yang sering muncul. Akan tetapi, pertanyaan bagaimana cara kerja pada transmisi mobil ini juga lebih sering ditanyakan oleh beberapa kalangan masyarakat.

Cara kerja dari transmisi otomatis ini lebih rumit, ketika dibandingkan dengan manual. Kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena ada beberapa komponen yang tidak dimiliki oleh mobil dengan transmisi manual.

Untuk komponen yang dimaksud kali ini adalah torque converter (pengubah torsi atau puntiran), hydraulic control, dan planetary gear unit. Ketiga komponen tersebut bisa ditemukan pada minyak transmisi atau yang sering disebut dengan transmission oil.

Selain itu, dengan adanya ketiga komponen tersebut untuk minyak transmisi ini mempunyai fungsi yang berbeda. Fungsi dari minyak transmisi sebagai pelumas, pendingin dan pemindah gigi. Semua susunan tersebut akan menjadi satu dan sering disebut dengan Automatic Transmission Fluid (ATF).

Mengenal Kode Transmisi Mobil

Setelah paham dengan perihal apa itu transmisi mobil, maka untuk selanjutnya Anda juga harus paham dengan beberapa kodenya. Tidak hanya sekedar mempunyai pedal kopling saja, untuk ciri khas dari mobil transmisi otomatis ini juga mempunyai perbedaan pada bagian tuasnya.

Untuk tuas mobil transmisi otomatis hanya mempunyai beberapa kode yang tidak dimiliki oleh mobil dengan transmisi manual. Untuk beberapa penjelasan singkat mengenai apa itu transmisi mobil otomatis adalah:

  1. N (Neutral)

Kode pertama yang ada di transmisi mobil otomatis adalah N atau sering disebut dengan Neutral. Artinya, untuk kode yang satu ini menunjukkan bahwa mobil tersebut berada di kondisi netral.

Selain itu, pada kondisi tersebut juga sering dipergunakan di saat kondisi mobil sedang berhenti dalam jangka waktu yang lama.Untuk fungsi dari kode N ini juga sama seperti mobil dengan transmisi manual.

  1. P (Park)

Kode pada apa itu transmisi mobil yang kedua adalah P atau yang sering disebut dengan Park. Ketika pengemudi memindahkan tuas transmisi pada posisi kode P, maka kendaraan tersebut tidak akan bisa digerakkan sama sekali.

Selain itu, pada posisi P ini juga bisa membuat mobil berada di keadaan terkunci. Maka dari itu, untuk Anda yang ingin melakukan parkir mobil secara paralel tidak disarankan untuk memberikan tuas transmisi kode P.

  1. R (Reserve)

Pada kode yang satu ini hampir sama seperti dengan N, ketika ditemukan pada tuas transmisi mobil secara manual. Fungsi dari kode transmisi R pada mobil otomatis maupun manual sama, yaitu membuat mobil berjalan mundur.

  1. D (Drive)

Nah, untuk kode apa itu transmisi mobil yang satu ini tidak bisa ditemukan pada mobil dengan transmisi manual. Pada mobil dengan transmisi otomatis, untuk kode D ini bisa dipergunakan untuk melajukan mobil.

Ketika ingin melaju lebih cepat lagi, untuk para pengemudi tidak perlu melakukan pergeseran tuas transmisinya lagi. Artinya, hanya dengan menginjak pedal gas lebih dalam lagi sudah bisa membuat kendaraan mobil tersebut berjalan dengan cepat. Komponen electronic control unit yang ada di mobil transmisi otomatis ini akan menyesuaikan dengan putaran mesin.

  1. D1 atau L (Low)

Kode yang terakhir ada pada transmisi mobil otomatis adalah D1 atau L (Low). Fungsi dari kode transmisi yang satu ini adalah untuk melaju di jalan menanjak atau curam. Ada beberapa mobil dengan transmisi otomatis yang memberikan kode 2 dan 3. Bahkan, ada juga yang menggunakan kode minus maupun plus.

Merawat mobil menjadi salah satu kewajiban bagi para pemilik kendaraan tersebut. Satu komponen yang harus benar-benar diperhatikan dan membutuhkan perawatan secara khusus berada di bagian transmisi.

Sudah disebutkan diatas juga, bahwa untuk mobil dengan transmisi otomatis ini mempunyai banyak komponen yang sangat rumit. Artinya, ketika dibandingkan dengan mobil transmisi manual mempunyai untuk bagian komponennya mempunyai perbedaan yang amat sangat jauh.

Baca Juga: Cukup Beragam, Inilah Berbagai Fungsi Transmisi pada Mobil

Sampai dengan saat ini masih banyak dari kalangan masyarakat yang mempunyai kendaraan mobil abai dengan komponen transmisi. Dampak yang didapatkan ketika abai dengan komponen tersebut adalah terjadi kerusakan pada bagian mesin.

Ketika mesin mobil sudah rusak, maka para pemilik atau Anda harus mencari bengkel terdekat. Pemilihan bengkel mobil ini juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan harus benar-benar memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

Sudah banyak juga yang membuktikan, bahwa pemilihan bengkel mobil secara sembarangan ini bisa memberikan dampak buruk di kemudian hari. Tidak ada salahnya juga untuk melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu supaya bisa mendapatkan bengkel dengan kualitas terbaik.

Selain itu, pastikan juga untuk bengkel mobil yang dipilih ini bisa memberikan hasil perbaikan dengan kualitas benar-benar terbaik. Cari juga bengkel mobil yang bisa diajak diskusi supaya perbaikan mobil bisa berlangsung dengan baik.

Memang, ketika membicarakan perihal apa itu transmisi mobil tidak akan ada ujung dan habisnya. Setidaknya, dengan adanya penjelasan diatas sudah bisa membantu menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan transmisi mobil.

Apabila terjadi permasalahan pada transmisi mobil, segera tangani permasalahan ke bengkel transmisi mobil yang terpercaya, seperti DOMO Transmisi dari Dokter Mobil. Layanan baru dari Dokter Mobil ini mampu atasi berbagai permasalahan pada sistem transmisi mobil matic, dengan peralatan canggih berteknologi tinggi dan teknisi yang ahli. DOMO Transmisi telah melalui riset dan pengembangan yang cukup panjang dan didatangkan langsung dari Malaysia, sehingga kualitas layanannya sudah tak perlu diragukan lagi.

Tertarik untuk coba atasi permasalahan transmisi mobil di DOMO Transmisi? Lakukan reservasi DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau klik disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi ini. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda, karena DOMO Transmisi telah hadir di berbagai cabang Dokter Mobil .

Penutup

Nah, itulah penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai apa itu transmisi mobil. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu dan memberikan informasi kepada Anda yang mempunyai kendaraan atau mobil dengan transmisi otomatis.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.